Tentang Photoshop

Thursday, December 17, 2015
  • Tentang Photoshop

     Siapa sih yang tidak tahu Photoshop??? Aplikasi editor gambar dan foto yang paling fenomenal di masa ini. Dimana dengan aplikasi ini seseorang yang sudah mahir menggunakan aplikasi Photoshop bisa membuat / mengedit foto sesuka hati mereka. Diantaranya bisa menghaluskan wajah (foto), menganti background latar atau hanya sekedar menambahkan foto wanita cantik dibelakang fotonya.

      Mungkin memang sudah banyak orang yang tau tentang Adobe Photoshop tapi tentunya juga masih ada orang yang belum mengetahui secara detailnya. Oleh karena itu disini saya akan mencoba membahas aplikasi Photoshop ini. Silahkan disimak....


1. Pengertian
   Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor gambar atau grafik yang dikembangkan oleh Adobe Corporation dimana perangkat ini dikhususkan untuk pengeditan foto / gambar serta pembuatan efek. Aplikasi Adobe Photoshop ini banyak digunakan oleh Fotografer dan perusahaan iklan / jasa pencetak foto. Di negara kita sendiri hampir semua konter yang mempunyai jasa cetak foto menggunakan Aplikasi ini, Selain karena pengoperasiannya yang tergolong mudah juga karena Aplikasi ini banyak bertebaran di internet atau Gratis.

2. Perkembangan
    Pada Tahun 1987 mahasiswa phD di Universitas Michigan, Thomash Knoll mulai menulis sebuah program di Macintosh Plus miliknya untuk menampilkan gambar grayscale dilayar monokrom yang kemudian diberi nama Display. Ternyata proyek Thomash tersebut menarik perhatian saudaranya, John Knoll yang kala itu menjadi pegawai di Industrial Light & Magic. John Knoll kemudian memberi saran kepada Thomash agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Memang dikala itu program penyunting gambar masihlah jarang, sampai pada akhirnya Thomas Knoll dan Ohn Knoll berhasil menciptakan sebuah program editor gambar yang diberi nama Image Pro. Namun Knoll tidak menjelaskan kenapa programnya itu kemudian diganti lagi namanya menjadi Photoshop.

Setelah lahirnya Photoshop, Knoll bersaudara menjalin kerjasama dengan produsen scanner bernama Barneyscan guna mendistribusikan salinan program Photoshop dengan slide scanner. Ada 200 program Photoshop yang sudah dikirim dengan bantuan slide scanner ini. Setelah itu John Knoll mulai memperkenalkan program Photoshop ke publik. Dia (John) bepergian ke Silicon Valley di California dan medemonstrasikan program Photoshop kepada 2 perusahaan besar yang tak lain adalah Apple Computer Inc. dan Adobe Corporation. Demonstrasi itu berhasil membuat Adobe tertarik dan memutuskan untuk membeli lisensi Photoshop pada bulan September 1988. Pada bulan Februari 1990 Photoshop versi 1.0 dirilis khusus untuk Apple sistem operasi Machintosh.

Setelah peluncuran Photoshop 1.0, Adobe terus mengembangkan program ini dan lahirlah Photoshop 2.0 dan seterusnya,, Berikut ani adalah daftar versi Photoshop serta tahun peluncurannya :
  • Photoshop 2.0 dirilis bulan Juni 1991.
  • Photoshop 2.5 dirilis bulan November 1992.
  • Photoshop 3.0 dirilis bulan September 1994.
  • Photoshop 4.0 dirilis bulan November 1996.
  • Photoshop 5.0 dirilis bulan Mei 1998.
  • Photoshop 5.5 dirilis bulan Februari 1999
  • Photoshop 6.0 dirilis bulan September 2000
  • Photoshop 7.0 dirilis bulan Maret 2002.
  • Photoshop 7.0.1 dirilis bulan Agustus 2002.
 Versi kedelapan dari program ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite). berikut adalah daftarnya :
  • Photoshop CS (8.0) dirilis bulan Oktober 2003.
  • Photoshop CS2 (9.0) dirilis bulan April 2005.
  • Photoshop CS3 (10.0 ) dirilis pada musim semi 2007.
  • Photoshop CS4 (11.0 ) dirilis 30 Oktober 2008.
  • Photoshop CS5 (12.0 ) dirilis 12 April 2010.
  • Photoshop CS6 (13.0 ) dirilis 23 April 2012.
Versi terbaru dari Photoshop ini yaitu versi 14.0 tidak lagi menggunakan nama CS (Creative Suite), tapi berubah lagi namanya menjadi Photoshop CC (Creative Cloud) yang rilis tahun 2014 lalu. Dikatakan bahwa 2 versi terakhir dari Photoshop ( Photoshop CS 6 & Photoshop CC) adalah yang tercanggih dan terlengkap. Jika ingin menggunakan Software Photoshop ini silahkan kunjungi situs resmi Adobe untuk membelinya.

Share this :

First